Cara Buat Foto Profil dan Sampul Facebook Menyatu

Disini saya akan sedikit berbagi ilmu bagaimana Cara Buat Sampul Facebook Keren dan Unik berdasarkan pengalaman saya sendiri, yaitu membuat manual dengan menggunakan Photoshop. Hasilnya tentu saja akan lebih memuaskan, karena benar-benar karya sendiri. Apakah anda tertarik mencobanya? Minimal anda harus mempunyai sedikit skill menggunakan Photoshop ya.

Ok, langkah-langkahnya yaitu pertama download dulu template sampul file PSD DISINI. Setelah itu buka program Photoshop anda dan open file PSD tadi. Maka anda akan mendapati kanvas dengan layer yang sudah ditentukan ukurannya. Yakni 851x315 untuk gambar sampul dan 125x125 untuk foto avatarnya. Sekarang anda bisa berkreasi menghiasi kanvas tersebut sesuai keinginan anda, bisa dengan foto, teks, atau apa saja. Disana juga sudah saya sertakan potongan slice, anda bisa menggunakannya untuk memisahkan potongan sampul dengan gambar avatar.

sampul facebook

Jika selesai, silahkan di save dengan cara Save For Web and Device. Dan kita siap meng-uploadnya.

Cara Upload  :
Buka halaman profile facebook anda, pada bagian atas tampilannya kurang lebih seperti ini:

facebook

Untuk memasang sampul, klik tombol "Tambahkan Sampul", atau jika ingin mengganti foto avatar, anda bisa hover mouse anda ke foto avatar dan akan muncul tonmbol "Sunting Gambar Profil". Silahkan upload gambar yang sudah anda buat tadi di Photoshop. Tunggu beberapa detik dan selesai.. Mudah bukan?

Oh iya hampir kelupaan, gambar profile avatar yang kita buat di Photoshop tadi ukurannya 125x125 kan? Sementara facebook tidak mengizinkan kita meng-upload foto dengan ukuran kurang dari 180x180. Solusinya kita bisa resize foto profil yang 125x125 itu ke ukuran 180x180 dengan Photoshop. Dengan demikian kita bisa meng-uploadnya ke Facebook. Beres dah..

Hasilnya akan seperti Facebook Saya yang ini:


Atau Facebook Saya yang ini:

sampul facebook keren dan unik


Semoga tutorial "Cara Membuat Foto Profil dan Sampul Facebook Menyatu" diatas bermanfaat. Kalau ada yang masih bingung jangan sungkan-sungkan untuk ditanyakan di komentar.

Related Posts:

3 Responses to "Cara Buat Foto Profil dan Sampul Facebook Menyatu"

Terimakasih telah membaca artikel ini. Silahkan berkomentar :)